Slide background
Slide background

WISATA ROHANI SALIB KASIH TARUTUNG

WISATA ROHANI SALIB KASIH TARUTUNG

wisata rohani salib kasih tarutung

Kota Tarutung merupakan ibukota Kabupaten Tapanuli Utara di Sumatera Utara. Kota ini cukup sejuk dan merupakan bagian dari sejarah perkembangan bangso batak. Daerah sekitar Tarutung juga dikenal dengan Rura Silundung karena dikelilingi pegunungan yang memperindah alamnya.

Tarutung juga dijuluki sebagai kota wisata rohani, salah satunya adalah obyek wisata rohani Salib Kasih Siatas Barita terletak di Kecamatan Siatas Barita.

Dalam waktu dekat ini akan ada satu lagi patung yang saat ini tahap pembangunan dideretan bukit Siatas Barita. Pembangunan patung tersebut adalah patung Yesus terletak di Pea Tolong, perbukitan Siatasbarita, Tapanuli Utara.

Ingin wisata sekaligus ziarah?? Menyambut perayaan Natal, tempat perziarahan pun dijadikan tujuan liburan bagi para wisatawan. Kota Tarutung di Tapanuli Utara, Sumatra Utara, tak hanya dikenal dengan legenda Sisingamangaraja, raja Batak yang konon sakti dan kebal peluru. Namun daerah yang dicapai sekitar lima jam perjalanan dari Medan ini juga identik dengan wisata rohani umat Nasrani. Salah satunya adalah bukit Monumen Salib Kasih di puncak Dolok Si Atas Barita.

Salib Kasih, Siatas Barita adalah sebuah tempat wisata rohani yang dibuat untuk mengenang jasa missionaris agama Kristen yang berasal dari Jerman DR.Ingwer Ludwig Nommensen (hampir dibunuh di sana karena menyebarkan agama Kristen) memulai missinya di tanah Batak, dan merupakan tempat DR.IL Nommensen untuk memandang ke arah Rura Silindung dibawahnya.

Salib kasih adalah monumen untuk mengenang dan mengabadikan semua pengorbanan dan jasa misionasir di tanah batak,khususnya DR.I.L Nomensen.Salib kasih dibangun pada bulan Oktober 1993 di Dolok Siatas Barita terletak di kecamatan Siatas Barita arah selatan kampung Tarutung.Konon tempat ini adalah tempat bermukimnya Sombaon.Sombaon adalah Roh Alam yang tinggi martabatnya dalam kepercayaan Batak Kuno.Roh ini sangat ditakuti karena dipercayai dapat menentukan nasih baik maupaun buruk dari orang-orang yang bermukim di sekitarnya sehingga pada waktu itu tidak jarang Sombaon atau tempat ini dipuja-puja dengan memberikan pelean (sesajen) dengan harapan akan mendapat keberuntungan dan keselamatan.

Banyak orang yang mengatakan, :”Jika belum singgah ke Salib Kasih, itu berarti anda belum sepenuhnya berada di kota Tarutung. Nah.. Berangkat dari pepatah tersebut, saya pun menyambangi monumen yang menjadi landmark kota Tarutung yang indah ini. Saya sendiri baru pertama kali mengunjungi monumen ini, sebelumnya saya sudah dua kali mengunjungi kota Tarutung, namun dikarenakan waktu yang terbatas, saya belum sempat singgah ke Salib kasih.

Disepanjang perjalan menuju ke Salib Kasih, kita juga akan menemukan banyak nisan-nisan yang sengaja ditinggalkan oleh pengunjung sebagai kenang-kenagan, terlihat dari nisan yang ditinggalkan, bahwasanya pengunjung yang datang bukan hanya dari daerah dekat seputar Sumatera, bahkan ada nisan dari pengunjung yang berasal dari Papua Barat bahkan Turis mancanegara sering berkunjung kesini.